Tips Mencuci Hijab Agar Lebih Awet





ModelMuslims.com - Jika kamu pernah punya hijab favorit, tentunya kamu ga mau dong hijab kamu itu tidak awet alias cepat rusak seperti luntur dan lain sebagainya. Memang tidak bisa dipungkiri hijab yang kamu pakai untuk aktivitas sehari-hari ini bisa cepat rusak karena pemakaian juga. Tapi kita juga bisa lho menjaga dan merawatnya agar bisa lebih awet.

Jika kamu belum membaca artikel kami sebelumnya, silahkan baca mengenai cara merawat hijab yang baik pada link berikut ini ya. (Baca: 7 Cara Mudah Merawat Hijab yang Baik & Benar).

Adapun pada tulisan ini kamu akan mengetahui cara mencuci hijab agar lebih awet dengan memperhatikan hal-hal kecil yang memang terlihat sepele namun memang menjadi hal yang sangat disarankan. Dalam perawatan hijab, kamu harus bisa merawatnya dengan tepat agar hijab kamu awet. Salah satu hal yang harus perhatikan pada saat proses mencuci.

Tips Mencuci Hijab

Berikut tips untuk mencuci hijab yang bisa kamu coba langsung dirumah. Sangat disarankan dalam proses mencuci ini dilakukan cepat. Karena, biasanya hijab tidak terlalu kotor sehingga dicuci hanya untuk menghilangkan keringat atau debu yang menempel.

1. Siapkan semua hijab dalam satu wadah atau tempat.
2. Pisahkan sesuai dengan jenis tekstur bahan dan warnanya.
3. Siapkan tempat wadah besar seperti ember, detergen atau sabun dan sampo.
4. Masukan air dingin biasa ke dalam ember dan aduk dengan detergen atau sabun dan sampo.
5. Mulai mencuci hijab dengan warna-warna yang terang terlebih dahulu dan lakukan dengan cepat, lalu dibilas dengan air yang mengalir dari keran, peras dan sisihkan.
6. Ganti air yang kotor dalam ember tadi dan masukan air dingin yang baru kemudian campurkan detergen atau sabun lagi.
7. Kemudian lakukan pencucian hijab bahan lainnya. Dalam mencuci hijab, faktor utama yang harus diperhatikan dalam mencucinya adalah pada pemisahan warnanya. Jangan campur semua warna hijab.
8. Keringkan setiap hijab saling berjauhan dan hindari terik matahari secara langsung.

Itulah tips mencuci hijab agar hijab kamu bisa lebih awet. Semoga artikel ini bermanfaat, dan jika kamu suka artikel ini bagikan ke teman-temen kamu di media sosial ya!