Tata Cara Berhijab yang Baik & Benar Sesuai Syariat

Tahukah anda wahai muslimah, jika hijab dan jilbab itu berbeda? Tidak sedikit dari kita memahami keduanya mempunyai arti sama. Hijab sebenarnya adalah pakaian yang wajib dikenakan oleh muslimah. Sedangkan jilbab adalah kain yang digunakan untuk menutupi kepala.

Cara Berhijab
Zaskia Adya Mecca

Tata cara berhijab sering dianggap rumit dan ribet, padalah tidak demikian adanya. Saat ini terdapat berbagai macam model simpel dan sederhana untuk anda pilih. Anda bisa leluasa beraktivitas sehari-hari tanpa harus merasa direpotkan oleh hijab yang anda kenakan.

Tata Cara Berhijab Menurut Syariat


Tata Cara Berhijab
Zaskia Adya Mecca

Karena mengenakan hijab adalah suatu kewajiban bagi muslimah, maka dalam penggunaannya pun tidak sembarangan. Anda harus mengikuti apa yang sudah disyariatkan oleh agama Islam. Bagi anda yang masih belum memahami bagaimana cara berhijab sesuai syariat.

Berikut adalah beberapa tata cara berhijab yang sesuai dengan syarat yang dianjurkan. Serta beberapa tips cara berhijab yang baik & benar.

Sebelum itu, ada tips untuk anda dalam mengenakan hijab. Hendaknya gunakan hijab yang berbahan nyaman. Hal ini sangat penting terutama bagi anda yang berperan sebagai wanita karier dengan mobilitas tinggi. Anda pasti tidak punya banyak waktu untuk berkreasi dengan hijab, jadi pilih bahan yang mudah dibentuk. Atau anda bisa saja menggunakan hijab dan jilbab yang langsung pakai.

  1. Dengan mengenakan pakaian yang longgar. Hal ini bertujuan untuk menutupi lekuk tubuh anda agar tidak terlihat dari lawan jenis. Lengan yang digunakan dalam hijab sudah seharusnya juga menutupi hingga pergelangan tangan.
  2. Dengan memakai hijab yang tidak tembus pandang. Untuk itu gunakan bahan yang tebal bukan yang tipis hanya sekedar nyaman saja. Tebal namun tetap nyaman digunakan.
  3. Selain itu, jilbab yang digunakan hendaknya menutupi dada secara keseluruhan. Kemudian jika anda memilih mengenakan hijab namun ingin tetap modis, maka anda bisa memainkan warna dari hijab yang anda kenakan. 
Pilih warna yang senada antara hijab dan jilbab yang akan anda gunakan. Namun jika anda ingin main tubruk warna, setidaknya masih dalam spektrum warna yang sama. Misalnya orange dengan coklat, pink dengan putih, atau merah berpadu dengan hitam.

Tata Cara Berhijab
@puterihasanahkarunia
Selain paduan warna, anda juga perlu memperhatikan suasana seperti apa yang akan anda kunjungi. Misalnya jika anda akan pergi ke pesta maka gunakan gamis dengan model yang lebih glamour. Bisa pula anda tambahkan beberapa aksesoris seperti bros.

Namun jika hanya digunakan untuk aktivitas keseharian, maka kenakan hijab yang sederhana saja.

Tata Cara Berhijab Yang Benar
Oki Setiana Dewi
Itulah tadi tata cara berhijab yang benar menurut apa yang disyariatkan agama Islam. Penting kiranya memperhatikan aturan diatas agar usaha anda menutupi aurat dapat diridhoi Allah.